Hotel Horor di Dunia, Pintu Diketuk Tengah Malam dan Keran Air Hidup Sendiri

Beberapa waktu lalu, kami mencoba meramban informasi di internet mengenai hotel horor di dunia. Ada beberapa nama yang hampir selalu muncul di berbagai artikel. Namun, kami hanya memilih 5 hotel yang kami anggap menarik. Apanya nih yang menarik? Kelima hotel ini termasuk hotel berbintang, mewah, berkelas, selalu ramai dengan tamu, dan memiliki peringkat yang bagus di berbagai online travel agent (OTA). Namun, banyak tamu yang mengaku mengalami kejadian-kejadian aneh saat menginap di hotel-hotel tersebut. Wah, kok bisa, ya? Berikut kami rangkumkan kisahnya. Nanti Kawan Dolan bisa menilai sendiri kira-kira beneran horor atau tidak. Barangkali kemudian malah penasaran mau mencoba menginap di salah satunya?!

1. The Langham Hotel, London: Misteri Kamar 333

Kalau kalian meramban informasi di internet mengenai hotel horor di dunia, nama The Langham Hotel akan selalu muncul. Rupanya kesan horor sangat melekat pada hotel yang dibangun sekitar 1865 ini. Namun, menariknya, The Langham Hotel juga dikenal sebagai hotel bintang lima di London, Inggris. Di booking.com, The Langham mendapatkan 9,3/10 dari 2.341 ulasan. Nilai yang nyaris sempurna. Hotel ini sudah banyak melayani banyak tamu dari kalangan bangsawan, tokoh politik, hingga artis tersohor. Sebut saja nama-nama seperti Mark Twain, Sir Arthur Conan Doyle, dan Oscar Wilde.  

Dibalik kemewahannya, hotel ini memiliki 1 kamar yang digadang sebagai ‘kamar horor’, yaitu kamar nomor 333. Konon, seorang pangeran dari Jerman pernah bunuh diri dengan cara melompat dari jendela kamar. Dari pengakuan tamu yang pernah melihat penampakan pangeran ini, sosoknya muncul dengan rambut pendek dan mengenakan pakaian militer.

Hotel Horor di Dunia
The Langham Hotel. Pic: tripadvisor.com

Selain itu, tamu lain juga mengisahkan bahwa mereka melihat penampakan hantu pria dengan wajah berdarah-darah. Kabarnya hantu ini cenderung muncul di sekitaran lorong. Ada lagi sosok pria dengan tatapan kosong, berambut perak, serta mengenakan jubah dan dasi. Sosok ini digadang sebagai arwah dokter yang dulu membunuh isterinya secara sadis saat mereka sedang berbulan madu.

Seorang tamu yang menginap di kamar 333 pernah lari dari kamarnya di tengah malam karena tempat tidurnya mendadak digoncang dengan sangat keras. Kabarnya itu adalah ulah sosok Kaisar Napoleon III yang dulu sempat tinggal di Langham selama hari-hari terakhir pengasingannya.

2. The Russell Hotel, Sydney: Hotel Horor di Dunia Bekas Asrama Pelaut

Hotel yang disebut-sebut sebagai hotel horor berikutnya ada di kota The Rocks, Sydney, Australia, yaitu The Russell Hotel. Sebenarnya saat ini The Russell adalah boutique hotel terbaik di Sydney. Namun, suasana masa lalu masih sangat melekat pada hotel ini.

The Russell Hotel buka pada 1887 dan berada di kawasan paling bersejarah di kota The Rocks. Lokasinya sangat dekat dengan pelabuhan. Dari laman amyscrypt.com, kami menemukan beberapa cerita yang melatarbelakangi munculnya suasana ‘horor’ pada hotel ini.

5 Hotel Horo di Dunia
The Russell Hotel. Pic:davidsbeenhere.com

Selain berfungsi sebagai hotel, dulunya The Russell juga menjadi asrama untuk para pelaut yang baru saja tiba di Sydney. Suatu hari, seorang pelaut dibunuh oleh pelacur di hotel ini. Sejak saat itu, arwah sang pelaut masih tinggal di kamar nomor 8. Sosoknya akan muncul mendadak dari bawah tempat tidur saat ada perempuan yang menginap sendirian di kamar itu.

Kalau melihat lebih jauh ke belakang sekitar 1788, di atas lahan ini berdiri Rumah Sakit Umum pertama di Australia. Jadi, rumah sakit ini lebih dulu ada sebelum The Russell Hotel beroperasional. Banyak pasien yang dirawat di rumah sakit ini, terutama saat wabah Pes menyerang Australia. Inilah yang kemudian disebut-sebut menjadi penyebab lain mengapa banyak mahkluk tak kasat mata di The Russell Hotel.

Selain hantu si pelaut, banyak tamu mengaku juga melihat penampakan seorang wanita berpakaian model kuno serba putih. Sosok wanita ini menyerupai perawat dan suka berjalan di area bar. Para tamu juga sering mendengar suara jeritan dari kamar kosong dan suara derap langkah kaki di tangga. Wah, kalau penakut, mendingan jangan menginap di sini, ya. 

3. Hotel Grand Hyatt, Taipei: Benarkah Termasuk Hotel Horor di Dunia?

Nama Grand Hyatt masuk dalam jajaran hotel berkelas di dunia. Namun, ada yang sedikit berbeda dengan Hotel Grand Hyatt di Taipei. Selain dikenal sebagai hotel bintang 5, Grand Hyatt Taipei juga disebut-sebut sebagai hotel horor.

Tamu hotel sering mendengar suara-suara aneh seperti keran air yang tiba-tiba menyala sendiri, suara langkah kaki, hingga suara ketukan asing di pintu. Bahkan, beberapa tamu juga ada yang pernah melihat penampakan hantu. Banyak orang yang mengatakan sebabnya karena bangunan hotel ini berada di atas lahan bekas penjara Jepang di masa Perang Dunia II.

Grand Hyatt Taiwan, Taipei
Grand Hyatt Taipei. Pic: travelupdate.com

Melansir dari situs guideku.com, penyebab lain dari suasana horor di Hotel Grand Hyatt Taipei ini juga berasal dari dua lukisan besar yang tergantung di lobi hotel. Banyak tamu yang mengaitkan kejadian aneh dengan dua lukisan tersebut. Kabarnya lukisan tersebut adalah jimat pengusir roh. Namun, pihak management hotel membantah berita itu. Menurut pengelola hotel, dua lukisan itu adalah hadiah untuk keberuntungan dari seorang master fengshui.   

Kabar terbaru, management Grand Hyatt sudah merenovasi ulang beberapa bagian hotel supaya nampak semakin modern. Dua lukisan yang sering menjadi topik perbincangan tersebut sudah tidak lagi berada di lobi hotel. Alasannya, kedua lukisan tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan konsep interior terbaru dari Grand Hyatt. Fakta lainnya, bangunan Grand Hyatt bukan berdiri di atas lahan bekas penjara. Namun, di lokasi itu dulunya hanya bekas gudang senjata militer.

Wah, kalau begitu, sebenarnya Hotel Grand Hyatt ini beneran horor apa tidak, ya? Hayooo, adakah Kawan Dolan yang berani mencoba mencari jawabannya? :p

4. Hotel Inna Samudera, Pelabuhan Ratu: Kamar Spesial Nyi Roro Kidul

Kawan Dolan yang sudah pernah main ke Pelabuhan Ratu pasti tidak asing dengan Hotel Inna Samudera. Hotel ini merupakan hotel terbesar dan terbaik di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Namun, banyak yang mengenal hotel ini karena cerita mistisnya.

Di hotel ini ada satu kamar khusus milik Nyi Roro Kidul, yaitu kamar nomor 308. Dekorasi serba hijau, ornamen-ornamen khas, dan lukisan sang ratu laut selatan mendominasi interior kamar ini. Menurut orang-orang yang sudah pernah berkunjung, kamar 308 lekat dengan aroma dupa sesajen dan wangi melati. Aroma ini tercium hingga ke bagian luar kamar.

Inna Samudera Pelabuhan Ratu
Hotel Inna Samudera. Pic: mediakorannusantara.com

Selain itu, ada apa saja sih di dalam kamar 308? Konon kabarnya, di dalam kamar ini tersimpan berbagai perhiasan emas milik Nyi Roro Kidul. Sebuah lemari khusus disediakan untuk menyimpan perhiasan-perhiasan tersebut. Jangan coba-coba mencurinya karena taruhannya adalah keselamatan diri. Kemudian, management hotel juga meletakkan sebuah manekin yang berbalut gaun panjang berwarna hijau di sisi lain ruangan. Tidak ketinggalan beberapa cangkir khusus dan sebuah vas berisi bunga sedap malam.

Tidak sembarang orang boleh menginap di kamar 308. Hanya yang memiliki kepentingan tertentu dan sudah mendapatkan izin saja yang boleh menginap di kamar ini. Biasanya orang-orang tersebut datang untuk mencari peruntungan dan keselamatan. Nah, kalau kalian bagaimana, Kawan Dolan? Berani coba?

5. Castello della Castelluccia, Roma: Arwah Kaisar Hingga Roh Kuda

Bergeser ke benua Eropa, ada Castello della Castelluccia. Banyak orang menyebutnya sebagai hotel horor. Padahal, Castello della Castelluccia adalah sebuah hotel mewah yang berada di kastil abad pertengahan. Hotel ini menawarkan pelayanan kelas atas, restoran berkelas, fasilitas lengkap, serta pemandangan yang menawan. Kami mengecek di booking.com, hotel ini mendapatkan rating 8,9/10 dari 213 ulasan. Di google, ratingnya mencapai 4,5/5 dari 744 ulasan, dan di Tripadvisor 4,5/5 dari 802 ulasan.

Castello della Castelluccia
Hotel Castello della Castelluccia. Pic: pinterest.com

Lalu, kenapa banyak orang yang menyebut hotel ini horor, ya? Banyak tamu mengaku sering melihat penampakan hantu saat menginap di Castello della Castelluccia. Melansir dari travelmyth.com, ada 3 penampakan hantu yang paling sering muncul di hotel kastil ini. Pertama, arwah Kaisar Nero. Makam Kaisar Nero berada tidak jauh dari Castello della Castelluccia. Konon, arwahnya masih suka berkeliaran ke area kastil karena mencari tempat yang paling hangat dan damai untuk beristirahat.

Kedua, roh seorang alkemis. Kabarnya, sang alkemis yang sedang menginap di kastil ini meninggal di menara akibat tersambar petir. Ketiga, roh kuda. Menurut cerita yang beredar, kuda-kuda ini dulunya adalah milik salah seorang penguasa kastil. Namun, karena si penguasa terjerat utang judi, ia terpaksa menjual kuda-kudanya itu. Setelah mati, roh kuda-kuda tersebut kembali ke kastil untuk mencari tuannya.

Jadi, Berani Coba Nggak, Nih?

Itulah 5 hotel terbaik di dunia yang kabarnya memiliki nuansa horor dan bakal bikin merinding saat menginap di sana. Menurut kalian, mana yang paling seram? Berani menginap satu malam di salah satu hotel tersebut? Siapa tahu kalian tertarik mencoba pengalaman liburan yang berbeda. Masukkan dalam daftar pilihan dan bersiap ke sana selepas pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *