Wisata Setu Babakan: Mengenal Lebih Dekat Budaya Betawi di Ibukota

Jika ingin melepas penat dengan suasana yang tenang di antara hiruk pikuk kota Jakarta, Kawan Dolan bisa berkunjung ke Kawasan Wisata Setu Babakan. Wisata Setu Babakan merupakan Perkampungan Budaya Betawi yang berada di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di perkampungan ini kamu bisa menikmati wisata budaya, wisata agro, wisata kuliner, dan wisata air sekaligus. Menarik, ‘kan? Nah, untuk kamu yang penasaran ingin berkunjung ke sana, simak dulu informasi seputar Setu Babakan. Mulai dari sejarah, lokasi, jam operasional, fasilitas, harga tiket masuk, hingga beragam pilihan aktivitas menarik di Setu Babakan.

Wisata Setu Babakan
Wisata Setu Babakan (Foto: Google Maps/Jakarta Tourism)

Sejarah Setu Babakan

Sebenarnya bagaimana sih sejarah Setu Babakan sebelum berubah menjadi kampung wisata seperti saat ini? Dulunya, Setu Babakan merupakan danau buatan yang berfungsi sebagai penampungan air resapan. Namun, seiring berjalannya waktu, karena masih banyaknya perkampungan warga Betawi di sekitar Setu Babakan, maka akhirnya kawasan ini ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah.

Selain itu, masyarakat Betawi sendiri memang menginginkan lokasi ini menjadi Perkampungan Budaya Betawi. Pada 1998, Badan Musyawarah (Bamus) Betawi mengajukan proposal Pembangunan Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan kepada Pemerintah DKI Jakarta. Harapannya, perkampungan di Setu Babakan akan menjadi tempat pelestarian, pengembangan, dan penataan budaya Betawi.

Akhirnya, pada 10 Maret 2005 terbit Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2005 tentang Penetapan Perkampungan Budaya Betawi di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hingga saat ini, aktivitas pelestarian dan pengembangan budaya Betawi dilakukan secara berkesinambungan di Kawasan Setu Babakan.

Lokasi dan Jam Operasional Wisata Setu Babakan

Kalau kamu tertarik berkunjung ke Setu Babakan, maka tujulah ke Jl. Moch Kahfi II, RT 13/RW 8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor), atau alternatif kendaraan umum lainnya. Tempat ini buka setiap hari, pukul 09.00 – 15.00 WIB. 

Pemandangan di Setu Babakan
Pemandangan di Setu Babakan (Foto: Google Maps/Wiryawan)

Tiket Masuk Wisata Setu Babakan

Untuk masuk ke Kawasan Wisata Setu Babakan, pengelola tidak mematiok harga tiket masuk khusus, alias gratis! Kamu cukup membayar uang parkir saja sebesar Rp2.000,00 (sepeda motor) dan Rp5.000,00 (mobil). Selain biaya parkir, beberapa wahana permainan juga ada yang berbayar, tetapi harganya masih sangat terjangkau. Jadi, Setu Babakan ini memang cocok untuk kamu yang sedang mencari alternatif tempat wisata murah di Jakarta.

Fasilitas Wisata Setu Babakan

Kamu pasti senang ‘kan kalau berkunjung ke tempat wisata yang fasilitasnya memadai? Nah, di Setu Babakan ini, pengelola menyediakan banyak fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di Setu Babakan:

    • Toilet umum
    • Pusat kuliner
    • Information centre
    • Area parkir
    • Musala
    • Area duduk santai
    • Wahana permainan anak
    • Kios cinderamata

Zona Wilayah di Kawasan Wisata Setu Babakan

Melansir dari laman sindonews.com, kawasan Setu Babakan terbagi menjadi 3 (tiga) zona wilayah. Di tiap zona, kamu bisa menemukan banyak hal unik dan menarik.

Pertama, yaitu Zona A seluas 3,2 hektar. Zona ini adalah pusat pengembangan dan pelestarian budaya Betawi. Kamu bisa menemukan rumah adat khas Betawi dan beberapa pakaian khas masyarakat Betawi. Ada juga museum sejarah dan purbakala, gedung teater, dan gedung-gedung lain yang bernuansa Betawi.

Kedua, Zona B seluas 3.700 m2. Di kawasan ini kamu bisa menemukan pusat kuliner nusantara yang bertemakan “Betawi untuk Indonesia”. Ada sekitar 250 pedagang kuliner makanan khas Betawi dan kuliner nusantara lainnya.

Ketiga, yaitu Zona C seluas 2,8 hektar. Zona ini adalah wilayah komersil dan studi alam. Pengelola membangun replika perkampungan Betawi, lengkap dengan rumah adat, sawah, dan danau kecil.

Rumah khas Betawi
Rumah Bergaya khas Betawi (Foto: Google Maps/Jakarta Tourism)

Aktivitas Seru Saat Berwisata di Setu Babakan

Dengan suasana yang masih sangat khas dan asri, kamu bisa berwisata sambil mengenal lebih dekat budaya Betawi. Tidak perlu takut mati gaya! Berikut ini beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat berwisata ke Setu Babakan:

1. Bermain Sepeda Air di Danau

Ada danau yang cukup luas di kawasan wisata Setu Babakan. Danau ini tidak luput dikelola sebagai tempat wisata yang menyenangkan. Tidak hanya menikmati keindahan danau dari tepian, pengunjung juga bisa main hingga ke tengah danau dengan menggunakan sepeda air. Sepeda air yang tersedia bisa disewa dengan kisaran harga mulai Rp8.000,00 – Rp15.000,00 saja.

2. Berkeliling Perkampungan Wisata Setu Babakan Dengan Berjalan Kaki

Berkelilinglah di area perkampungan Betawi ini dengan berjalan kaki. Kamu akan merasakan kentalnya nuansa Betawi. Perkampungan di sekitar Setu Babakan memang masih ditinggali oleh sekitar 3.000 kepala keluarga. Sebagian besar adalah warga Betawi asli yang sudah turun temurun tinggal di sana.

Mereka masih sangat mempertahankan budaya dan cara hidup khas Betawi. Bahasa yang digunakan oleh warga setempat kental dengan dialek gaya Betawi. Begitu juga dengan busana yang dikenakan oleh beberapa warganya.

Saat berkeliling area perkampungan, kamu bisa melihat beberapa rumah berarsitektur khas Betawi yang masih terawat dengan baik. Ciri khas rumah adat Betawi bisa terlihat dari hiasan di bagian atap, serta adanya teras keluarga yang lapang dan sederhana.

Selain itu, coba amati lingkungan sekitar rumah warganya. Sejak dulu, berkebun dan bertani adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh warga Betawi untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Jadi, jangan heran jika di halaman rumah warga bisa dijumpai kebun buah atau tanaman-tanaman khas Betawi. Beberapa di antaranya adalah jambu, duku, kemuning, krendang, mengkudu, jengkol, gandaria, dan kecapi. Kalau sedang musimnya, kamu bahkan bisa sekalian membeli buah-buahan segar tersebut langsung dari si pemilik kebun. 

3. Menyaksikan Pertunjukan Seni dan Budaya

Berkunjung ke perkampungan pusat budaya Betawi tentu kurang lengkap jika tidak menyaksikan pertunjukan seni dan budayanya. Kamu bisa menyaksikan langsung tarian topeng dari anak-anak sanggar budaya di Setu Babakan. Ada juga pertunjukan tari cokek, tanjidor, lenong, gambang kromong, dan ondel-ondel setiap akhir pekan di panggung terbuka. Menariknya, kamu bisa sekalian ikut berinteraksi dengan para pemainnya. Nah, untuk kamu yang ingin belajar silat Betawi, maka kamu juga bisa mencoba berlatih di sini.  

Kuliner Khas Betawi di Setu Babakan
Kerak Telor khas Betawi (Foto: Google Maps/Mohamad Riza Saputra)

4. Mencicipi Kuliner Khas Betawi

Di perkampungan Setu Babakan banyak terdapat warung yang menjual makanan dan minuman khas Betawi. Pastikan kamu tidak terlewat mencicipi aneka kuliner tersebut. Berikut beberapa menu khas Betawi yang bisa kamu cicipi di Setu Babakan:

    • ketoprak
    • kerak telor
    • ketupat sayur
    • laksa
    • arum manis
    • soto mie
    • roti buaya
    • nasi uduk
    • toge goreng
    • asinan
    • kue rangi
    • nasi ulam
    • bir pletok
    • dodol betawi

Semua kuliner legendaris tersebut sudah terkenal kelezatannya. Harganya pun masih sangat bersahabat di kantong. Jadi, wajib nyicipin, ya!

5. Bersantai dan Memancing di Sekitar Danau

Kalau sudah lelah berkeliling di kawasan Setu Babakan, kamu bisa duduk santai di sekitar danau. Nikmati suguhan panorama danau yang asri dan sejuknya udara di sana. Jika ingin lebih berkesan, cobalah bersantai sembari memancing. Siapkan alat pancing sendiri jika memang berencana untuk memancing di Setu Babakan. Memancing adalah salah satu aktivitas favorit yang paling sering dilakukan oleh pengunjung dan warga setempat. Kamu bisa membawa pulang semua ikan hasil pancingan tanpa dikenakan biaya.

Santai di Sekitar Danau
Santai di Sekitar Danau (Foto: Google Maps/Jakarta Tourism)

Penutup

Wah, ternyata menarik juga ya masih ada tempat wisata seperti ini di ibukota. Sekali berkunjung, kamu bisa rekresi, bersantai, dan kulineran sembari belajar budaya Betawi. Asyik banget, ‘kan? Jadi, kalau kamu ingin liburan tanpa perlu repot-repot jauh ke luar kota Jakarta, maka Setu Babakan ini bisa menjadi alternatif. Yuk, segera agendakan kunjungan ke Setu Babakan. Jangan lupa, bagikan cerita seru liburanmu di wisata Setu Babakan kepada kami, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.