Kampoeng Kopi Banaran: Wisata Seru di Perkebunan Kopi Nan Sejuk

Kabupaten Semarang memiliki banyak tempat wisata alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah wisata Kampoeng Kopi Banaran. Tempatnya cocok banget untuk kamu yang penat dengan suasana perkotaan. Kamu bisa nyantai dan berwisata di tengah perkebunan kopi yang sejuk. Selain itu, ada berbagai wahana yang edukatif dan menantang. Fasilitasnya pun sangat lengkap. Penasaran seperti apa? Simak artikelnya sampai selesai, ya. Kami rangkumkan informasi terupdate tentang Kampoeng Kopi Banaran khusus untuk kamu.

Kampoeng Kopi Banaran, Bawen, Semarang
Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Foto: Google Maps/Kampoeng Kopi Banaran)

Sekilas tentang Kampoeng Kopi Banaran

Lokasi

Jl. Raya Bawen – Solo KM 1,5 Bawen, Gentong, Asinan, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (cek Google Maps)

Kontak

0811-272-1770

Website

www.kampoengkopibanaran.id

Instagram

@kampoengkopibanaran.id

Kampoeng Kopi Banaran merupakan agrowisata kopi populer di wilayah Jawa Tengah. Tempat ini mengusung konsep one stop tourism and education. Kamu bisa berwisata di alam terbuka, melakukan berbagai aktivitas seru, wisata edukasi, kulineran, serta menginap di tengah perkebunan kopi.

Kampoeng Kopi Banaran terletak di Areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan yang berada di Bawen, Kabupaten Semarang. Tidak sulit untuk menemukannya karena berada persis di pinggir jalan besar. Kalau kamu datang dari arah Kota Semarang, tempat wisata ini terletak di sebelah kanan jalan. Lokasinya kurang lebih sekitar 1 kilometer setelah Terminal Bawen.

Melansir dari website resminya, kawasan agrowisata Kampoeng Kopi Banaran merupakan tempat wisata milik PT Perkebunan Nusantara IX (Persero). Sejak April 2021, pengelolaannya dipegang oleh PT. Dyandra Banaran Nusantara (DBN) yang berada di bawah naungan Dyandra & Co (member grup Kompas Gramedia). Pengelola terus mengembangkan dan melengkapai kawasan wisata untuk kenyamanan pengunjung dari berbagai kalangan dan usia.

Jam operasional

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Kampoeng Kopi Banaran, maka datanglah di jam operasionalnya. Buka setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB (area wisata). Sementara itu, untuk restonya buka setiap hari, pukul 08.00 – 21.00 WIB. Khusus Banaran BBQ Camp, buka setiap hari mulai pukul 15.30 – 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Kampoeng Kopi Banaran

Pengelola menetapkan harga tiket khusus untuk masuk ke kawasan wisata, yaitu Rp5.000,00 per orang. Harga ini berlaku sama di hari biasa, akhir pekan, maupun saat hari libur nasional. Harga tiket masuk Kampoeng Kopi Banaran tidak termasuk dengan harga tiket wahana permainan / aktivitas.

Adapun harga per wahana / aktivitas bisa kamu cek di daftar berikut ini sebagai panduan perkiraan biaya berwisata di Kampoeng Kopi Banaran:

Wahana/aktivitas

Harga

ATV regular

Rp30.000,00

ATV longtrip

Rp200.000,00

Flying fox

Rp25.000,00

Sepeda listrik (per jam)

Rp35.000,00

Berkuda

Rp50.000,00

Paintball

Rp100.000,00

Panahan

Rp30.000,00

Wisata air

Rp15.000,00

Kereta wisata regular (per 5 orang)

Rp85.000,00

Kereta wisata long trip (per 5 orang)

Rp200.000,00

Outbound anak (per pax)

Rp20.000,00

Outbound dewasa (per pax)

Rp130.000,00

Fun painting

Rp25.000,00

Jeep Banaran Off Road (short trip)

Rp250.000,00

Jeep Banaran Off Road (long trip)

Rp500.000,00

Simulasi exvcavator hidrolik anak (15 menit)

Rp20.000,00

Golf car (kapasitas 5 orang)

Rp125.000,00

Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Kalau kamu butuh info lebih lanjut atau ingin melakukan reservasi, maka langsung hubungi nomor kontak pengelola. Silakan cek kontak Kampoeng Kopi Banaran di bagian awal tadi, ya.

Beragam Aktivitas Seru di Kampoeng Kopi Banaran

Selain bersantai di perkebunan kopi yang sejuk, ada banyak aktivitas seru di Kampoeng Kopi Banaran. Kamu bisa menjajal beragam aktivitas tersebut agar liburan makin berkesan.

1. Berkeliling di Perkebunan Kopi

Kereta Wisata untuk Keliling di Perkebunan Kopi
Kereta Wisata untuk Keliling di Perkebunan Kopi (Foto: Google Maps/Kampoeng Kopi Banaran)

Cobalah aktivitas berkeliling di perkebunan kopi untuk pengalaman liburan yang berbeda. Kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar dan menghirup udara yang sejuk. Tersedia kereta wisata kapasitas 5 orang dewasa untuk berkeliling perkebunan. Harganya Rp85.000,00 (short trip) dan Rp200.000,00 (long trip).

Nantinya supir kereta wisata sekaligus akan menjadi guide di perjalanan. Mereka akan menjelaskan banyak hal menarik seputar perkebunan kopi. Selain itu, ada paket lain untuk menikmati perkebunan kopi, yaitu coffee walk (jalan sehat kebun), atau berkeliling sambil menunggangi kuda. Nah, ingin pilih yang mana, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu, ya.

2. Menjajal aktivitas outdoor yang menantang

Atv Kampoeng Kopi Banaran GMaps
Seru-seruan bermain ATV (Foto: Google Maps/Kampoeng Kopi Banaran)

Sebagai destinasi yang ideal bagi keluarga, tempat ini memiliki banyak arena permainan dan aktivitas outdoor untuk anak maupun dewasa. Mulai dari wahana high ropes, flying fox, ATV, panahan, paintball, off road, berkuda, bersepeda, hingga kids playground.

Untuk melatih kemampuan motorik dan ketangkasan anak, ada juga area outbound kids. Di area outbond kids, anak-anak bisa melatih diri dengan melewati aneka tantangan. Misalnya, panjat dinding, melintasi jembatan goyang, meniti pilar, merangkak, hingga melintas di ban-ban gantung. Semuanya aman sebab ada instruktur yang mendampingi.

3. Bermain di wisata air (waterpark)

Untuk anak-anak yang suka bermain air, cocok banget diajak ke wisata air yang ada di Kampoeng Kopi Banaran. Di sana tersedia kolam renang dengan fasilitas seluncuran dan ember raksasa yang akan menambah keceriaan bermain. Wahana wisata air ini hanya buka Sabtu dan Minggu, pukul 08.00 – 16.00 WIB saja. Jadi, tidak setiap hari, ya.

4. Glamping

Glamping di Kampoeng Kopi Banaran
Glamping “Coffee Camp” di Kampoeng Kopi Banaran (Foto: Instagram @kampoengkopibanaran.id

Nah, untuk kamu yang suka bermalam di tengah alam terbuka, maka tidak ada salahnya mencoba fasilitas glamping di sini. Pengelola menyediakan area glamour camping yang diberi nama “Coffee Camp”. Kamu bisa menikmati sensasi berkemah di tenda mewah di tengah perkebunan kopi. View­-nya keren karena menghadap ke kawasan rawa pening. Untuk menikmati fasilitas glamping, ada dua paket yang bisa kamu pilih, yaitu paket couple Rp700.000,00 (2 pax) dan paket family room Rp850.000,00 (3 pax). Kalau ada promo, kamu malah bisa mendapatkan harga paket glamping Kampoeng Kopi Banaran yang lebih murah!

5. Wisata ke kebun buah

Selain kebun kopi, di Banaran ini juga ada kebun buah. Selain refreshing dengan suasana serba hijau, wisata ke kebun buah ini bisa menjadi wisata edukasi. Kamu akan melihat jenis-jenis tanaman buah. Bahkan, ada juga tanaman buah yang tergolong langka.

6. Kulineran

BBQ Camp
BBQ Camp (Foto: Instagram @kampoengkopibanaran.id)

Di Kampoeng Kopi Banaran juga tersedia resto untuk pengunjung yang ingin kulineran. Pengelola menghadirkan pilihan 4 (empat) macam resto dengan konsep yang berbeda.

    • Resto 9 Banaran

Konsep menu yang ada di Resto 9 Banaran lebih ke menu-menu tradisional khas Indonesia. Mulai dari aneka wedangan, mendoan, nasi goreng, sop buntut, nasi timbel, nasi ayam kosek, rawon, dan lain sebagainya.

    • Resto Banaran Sky View

Banaran Sky View mengusung konsep semi modern. Menu makanan dan minumannya lebih variatif. Tidak hanya menu lokal, ada juga pilihan menu western. Kamu juga bisa menikmati aneka varian seduh kopi yang biji kopinya diambil langsung dari perkebunan Banaran. Menariknya, view dari resto ini langsung ke arah Gunung Telomoyo dan Rawa Pening. Apalagi saat senja, panorama yang terlihat semakin indah.

    • Resto BBQ Camp

Nah, kalau yang satu ini terbilang unik. Konsepnya adalah angkringan modern dengan pilihan menu barbeque dan steamboat. Suasana tempat makannya dibuat ala camping yang menyatu dengan alam. Kamu bisa menjajal BBQ Camp ini dengan harga mulai dari Rp200.000,00. Banaran BBQ Camp buka setiap hari, pukul 15.00 – 22.00 WIB.

    • Myeong Dong Banaran Korean Street Food

Ada kuliner baru yang menarik di Kampoeng Kopi Banaran, yaitu Myeong Dong Korean Street Food. Seperti namanya, Myeong Dong Banaran menyajikan aneka jajanan Korea seperti kimbap, ojingeo, hweori gamja, dan lain sebagainya. Cobain deh sensasi menyantap hidangan ala Korea ditemani segarnya udara di area perkebunan kopi!

7. Belanja Oleh-Oleh di Banaran Mart

Sebelum pulang, kamu bisa mampir ke Banaran Mart. Lokasinya ada di sebelah Resto 9 Banran. Di sana tersedia berbagai macam produk unggulan dan oleh-oleh khas Kampoeng Kopi Banaran. Ada Kopi Banaran, Teh Kaligua, Gula 9, Sirup Pala 9, hingga beraneka ragam kripik dan camilan lainnya.

Fasilitas di Kampoeng Kopi Banaran

Pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan semua pengunjung. Jadi, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa berwisata dengan sangat nyaman di sana. Berikut ini daftar fasilitas yang tersedia:

    • Musala
    • Restoran 9 Banaran
    • Banaran Sky View
    • Myeong Dong Banaran Korean Street Food
    • Toilet umum
    • Minimarket
    • Tempat spa
    • Ruang pertemuan
    • Ballroom
    • Camping ground
    • Lapangan tenis
    • Jogging track
    • Resort & Hotel
    • Kereta wisata
    • Kids playground
    • Area parkir yang luas
    • Wahana permainan outdoor dan outbound area
    • Golf car
    • Jeep Off Road
    • Gazebo
    • Spot foto
View dari Resto Sky View
View langsung ke arah rawa pening dan area pegunungan (Foto: Instagram @kampoengkopibanaran.id)

Penutup

Semoga informasinya bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin berkunjung ke Kampoeng Kopi Banaran di Kabupaten Semarang. Dengan semua wahana dan fasilitas yang tersedia, tempat ini memang cocok menjadi destinasi wisata keluarga. Banyak wahana dan fasilitas yang edukatif, serta ramah anak. Kamu juga bisa berkunjung bersama teman-teman atau rombongan komunitasmu untuk gathering, outbound, atau sekadar liburan seru bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.