Desa Wisata Lembah Asri Serang: Destinasi Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga

Penat dengan rutinitas di tempat kerja, maka pilihan terbaiknya adalah relaksasi bersama keluarga di akhir pekan. Kali ini, kami merekomendasikan Desa Wisata Lembah Asri Serang di Purbalingga. Tempatnya cocok untuk menjadi destinasi liburan akhir pekan bersama keluarga. Ada banyak wahana seru dan edukatif yang tersedia di tempat ini. Tidak Kamu bahkan bisa sembari menginap di tengah alam pegunungan yang asri dan sejuk. Penasaran pengen berkunjung ke sana? Yuk, simak dulu informasi terupdate seputar lokasi, jam operasional, daftar wahana, hingga harga tiket masuknya berikut ini.

View dari Desa Wisata Lembah Asri Serang
View dari Desa Wisata Lembah Asri Serang (Foto: Instagram @dlas_serang)

Sekilas tentang Desa Wisata Lembah Asri Serang

Lokasi

Jl. Raya Serang, Krajan, Serang, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (cek maps)

Jam operasional

Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Kontak

0812-2933-4485 / 0889-8371-7124

Website

www.lembahasriserang.com

Instagram

www.instagram.com/dlas_serang

Desa Wisata Lembah Asri Serang (D’las) adalah salah satu destinasi wisata populer di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak buka pada 2010 silam, tempat ini selalu ramai dengan pengunjung. Baik itu warga lokal, maupun pengunjung yang datang dari luar kota.

Lokasinya yang berada di lereng pegunungan menjadi daya tarik tersendiri. Kamu tidak hanya menikmati udara sejuk khas pegunungan. Namun, gagahnya Gunung Slamet juga akan menjadi pemandangan yang sangat memanjakan mata. Dengan mengusung konsep sebagai agrowisata, Desa Wisata Lembah Asri menawarkan banyak pilihan spot menarik. Kamu bisa berwisata sembari melihat kebun buah, kebun sayur, maupun taman-taman yang asri. Selain itu, ada juga wahana permainan dan wahana edukasi seru yang tersedia untuk usia dewasa maupun anak-anak. Jadi, tempat ini memang sangat cocok untuk destinasi liburan bersama keluarga.

Desa Wisata Lembah Asri Serang berjarak sekitar 45 – 60 menit perjalanan dari pusat kota. Untuk menuju ke tempat ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor), atau bus wisata. Namun, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Sebabnya, akses jalan menuju ke Lembah Asri Serang cukup menanjak dan berkelok.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Lembah Asri Serang Purbalingga

Untuk kamu yang mencari info terupdate harga tiket masuk Desa Wisata Lembah Asri Serang, maka bisa melihat pada tabel di bawah ini. Harga ini berlaku di hari biasa maupun saat akhir pekan/hari libur nasional.  

HTM pengunjung

Rp10.000,00/orang

Sepeda motor

Rp2.000,00/unit

Mobil

Rp5.000,00/unit

Elf dan mikro bus

Rp10.000,00/unit

Medium bus

Rp15.000,00/unit

Bus ukuran besar

Rp20.000,00/unit

Daftar Harga Wahana di Desa Wisata Lembah Asri Serang Purbalingga

Pengelola Desa Wisata Lembah Asri Serang menyediakan banyak wahana seru untuk para pengunjung. Untuk mencobanya, kamu harus membayar harga tertentu. Berikut daftar harga wahana di Desa Wisata Lembah Asri Serang (update 2022):

Wahana

Harga

ATV bike (3x putaran)

Rp20.000,00

Sepeda air (15 menit)

Rp10.000,00

High rope

Rp50.000,00

Flying fox

Rp20.000,00

Berkuda

Rp15.000,00

Playground

Rp10.000,00

Kereta wisata

Rp5.000,00

Taman kelinci

Rp5.000,00

Taman bunga

Rp5.000,00

Dino Land

Rp10.000,00

Greenhouse strawberry

Rp15.000,00

Jeep wisata (per pax)

Rp300.000,00

Beragam Aktivitas Seru di Desa Wisata Lembah Asri Serang

Kira-kira bakal bisa seru-seruan apa ya di desa wisata yang satu ini? Yuk, cek daftar beragam aktivitas seru yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Lembah Asri Serang.

1. Memacu adrenalin di wahana outdoor yang menantang

Wahana Menantang di Desa Wisata Lembah Asri Serang Purbalingga
Flying Fox di Lembah Asri Serang (Foto: Instagram @dlas_serang)

Untuk kamu yang suka aktivitas menantang, maka bisa mencoba wahana-wahana outdoor yang memacu adrenalin. Mulai dari flying fox, ATV, berkuda, hingga high rope. Harganya mulai dari Rp20.000,00 – Rp50.000,00 per pax.   

2. Berkeliling menikmati keindahan alam di kawasan desa wisata

Suasana di Desa Wisata Lembah Asri Serang,Purbalingga
Suasana di Desa Wisata Lembah Asri Serang,Purbalingga (Foto: Instagram @dlas_serang)

Kamu bisa menjelajahi kawasan wisata Lembah Asri dengan leluasa. Apalagi, kalau kamu memang suka berpetualang di alam terbuka. Selain wahana yang seru, desa wisata ini juga memiliki danau buatan. Ada juga kawasan hutan pinus yang sering menjadi spot piknik para pengunjung. Untuk berkeliling di Lembah Asri, kamu bisa berjalan kaki, berkuda, menyewa kereta wisata, atau memanfaatkan paket jeep wisata.

3. Memetik strawberry di Greenhouse

Petik strawberry di Desa Lembah Asri Serang
Wisata petik strawberry (Foto: instagram @dlas_serang)

Apakah kamu sudah pernah memetik strawberry langsung di kebunnya? Kalau belum, berarti kamu wajib mencoba aktivitas yang satu ini. Lembah Asri memiliki Greenhouse yang di dalamnya terdapat banyak tanaman strawberry. Selain melihat budidaya strawberry, kamu juga bisa memetik buahnya langsung di sini. Cukup membayar Rp10.000,00 per orang, kamu sudah bisa masuk ke dalam Greenhouse dan memetik strawberry untuk dibawa pulang.

4. Menginap di cottage yang ikonik atau camping 

Cottage di Desa Wisata Lembah Asri Serang GMaps Andy Kristyagita
Cottage dengan Bentuk yang Unik (Foto: Google Maps/Andy Kristyagita)

Untuk kamu yang ingin lebih lama menikmati suasana sejuk di Lembah Asri, maka sebaiknya menginap saja. Ada dua pilihan cara menginap di Lembah Asri Serang, yaitu menyewa cottage atau camping. Pengelola menyediakan cottage dengan desain yang unik, berlatar Gunung Slamet yang memesona. Harga sewa cottage di Desa Wisata Lembah Asri Serang adalah Rp850.000,00 per malam (kapasitas maksimal 4 orang). Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan fasilitas hot shower, sarapan, wifi, dan toilet. Kamu juga akan mendapatkan akses gratis untuk masuk ke kolam renang dan greenhouse.

Nah, kalau untuk camping, tarifnya Rp85.000,00 per orang per malam. Dengan harga tersebut kamu sudah mendapatkan 1 tenda, 1 sleeping bag, dan 1 matras. Kamu juga boleh membawa perlengkapan camping sendiri. Jadi, kamu cukup membayar sewa lahan camping saja sebesar Rp25.000,00 per orang per malam. 

 

5. Berpetualang di Dino Land

Dino Land Untuk Petualangan Seru
Cobain serunya menjelajahi Dino Land (Foto: Instagram @larasyayyas)

Dino Land adalah wahana terbaru yang ada di Lembah Asri. Didesain sedemikian rupa di alam terbuka, Dino Land akan membawamu merasakan petualangan seperti di film Jurassic Park. Kamu akan berjalan melintasi jalan setapak yang kanan kirinya ditumbuhi pepohonan dan rerumputan. Tentu saja sesuai namanya, ada replika-replika dinosaurus yang ditempatkan di beberapa titik taman.

Bukan sekadar replika biasa, semua dinosaurusnya bisa bersuara dan bergerak karena ada sensor khusus. Tampilannya pun dibuat semirip aslinya dengan menggunakan bahan-bahan lentur dan tidak mudah sobek. Beberapa jenis dinosaurus yang ada di taman ini antara lain: Velociraptor, Dilopjosaurus, burung purba, Tyrex, Stegosaurus, Brachiosaurus, Tripceratops, dan Parasaurolophus. Jadi, selain untuk seru-seruan, Dino Land juga bisa menjadi wahana edukasi dan berswafoto.    

6. Berfoto di spot-spot yang unik

Spot foto di DLas Purbalingga
Spot foto di D’Las (Foto: Instagram @dlas_serang)

Pengelola menyediakan banyak spot foto unik di beberapa lokasi. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengambil foto-foto terbaik. Misalnya, di spot gardu pandang, sayap burung, lorong cinta, sayap kupu-kupu, hingga ornamen berbentuk lambang cinta. Beberapa di antaranya bahkan memiliki latar pemandangan alam yang memesona!

7. Berkunjung ke Taman Bunga dan Taman Kelinci

Taman Kelinci Desa Wisata Lembah Asri Serang
Taman Kelinci Desa Wisata Lembah Asri Serang (Foto: Instagram @dlas_serang)

Kalau ingin aktivitas yang santai dan edukatif, maka kamu bisa mengunjungi beberapa taman yang ada di Lembah Asri. Yang paling menarik adalah Taman Bunga “Ulin” dan Taman Kelinci. Terutama jika kamu membawa anak-anak, pasti senang sekali berkunjung ke dua taman ini.

Di Taman Bunga “Ulin”, kamu bisa melihat dari dekat aneka bunga dengan variasi warna yang sangat cantik. Pengelola membuat jalan setapak yang mengitari taman bunga sehingga kamu bisa sembari berfoto. Kamu bisa memperkenalkan anak-anak pada jenis-jenis bunga dan menanamkan kecintaan mereka pada tanaman. 

Setelahnya, kamu bisa lanjut mengunjungi taman kelinci. Cukup membayar Rp5.000,00 per orang, kamu sudah bisa masuk untuk melihat dan berinteraksi dengan kelinci-kelinci lucu. Kamu bahkan boleh memberi makan kelinci-kelinci ini, lho

Fasilitas di Desa Wisata Lembah Asri Serang

Di kawasan Desa Wisata Lembah Asri Serang tersedia fasilitas yang memadai. Kamu bisa berwisata dengan nyaman selama berada di sana. Berikut ini fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola:

      • Musala
      • Area parkir yang luas
      • Toilet umum
      • Musala
      • D’Las Café
      • Foodcourt
      • Taman bunga
      • Meeting room
      • Cottage
      • Spot foto
      • Area outbound
      • Camping ground
      • Kolam renang
      • Gazebo dan tempat duduk
      • Toko souvenir

Tips Berkunjung ke Desa Wisata Lembah Asri Serang

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kunjunganmu ke Lembah Asri Serang tetap asyik dan seru. Simak beberapa tipsnya berikut ini, yuk!

1. Gunakan pakaian yang hangat.

Lembah Asri Serang berada di Kawasan pegunungan sehingga udaranya cenderung sejuk. Bahkan, pada pagi dan malam hari udaranya terasa sangat dingin. Jadi, ada baiknya jika kamu menggunakan pakaian yang sedikit tebal sehingga tetap hangat. Jika ingin tetap menggunakan kaos, maka bawa juga jaket untuk jaga-jaga seandainya kamu mulai merasa kedinginan.

2. Gunakan alas kaki yang nyaman.

Area wisata di Lembah Asri cukup luas. Kamu harus berjalan kaki untuk menuju ke spot-spot tertentu. Sebaiknya gunakan alas kaki yang datar dan tidak licin sehingga nyaman jika kamu harus berjalan menjelajahi kawasan wisatanya.

3. Bawa payung kecil.

Hampir sebagian besar area di Lembah Asri berupa ruang terbuka. Payung kecil akan sangat bermanfaat jika tiba-tiba turun hujan. Bahkan, pada saat cuaca panas pun payung bisa kamu gunakan untuk mengurangi paparan teriknya matahari.

4. Persiapkan stamina yang cukup.

Karena lokasi wisatanya sangat luas, maka persiapkan stamina yang cukup. Pastikan kondisi kesehatan baik sehingga kamu bisa puas menjelajahi semua wahana dan spot menarik di Lembah Asri Serang. Sayang banget ‘kan kalau sudah datang jauh-jauh tapi malah tidak berkeliling?

5. Pastikan daya baterai ponsel dan/atau kamera terisi penuh.

Pastinya kamu tidak ingin ‘kan ketinggalan mengabadikan gaya terbaikmu di Desa Wisata Lembah Asri Serang? Apalagi di spot-spot yang instagrammable! Jadi, isi penuh daya baterai ponsel atau kameramu sebelum berangkat. Kalau punya powerbank, jangan lupa juga dicharge sampai full, ya. Di tempat ini belum tersedia tempat charge khusus untuk pengunjung.

Penutup

Wahana sepeda air
Wahana sepeda air yang asyik untuk keluarga (Foto: Instagram @dlas_serang)

Nah, menarik ‘kan kalau kamu menghabiskan akhir pekan di Desa Wisata Lembah Asri Serang? Semua wahana dan fasilitasnya sangat memadai untuk liburan bersama keluarga. Semoga informasi yang sudah kami bagikan tadi bisa menjadi referensi kamu untuk menyusun rencana liburan ke desa wisata ini. Jangan lupa persiapkan stamina yang baik agar bisa menjelajahi semua wahana dengan lebih puas, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.